Kami Pindah

Kami Pindah
Kunjungi Blog Baru >>

Wednesday, January 28, 2009

Cara Membuat Antena WiFi

Ada beberapa type antena yang biasa digunakan untuk WiFI pada Metropolitan Area Network, diantaranya :



  • Omnidirectional Antena biasanya digunakan di Access Point (AP).

  • Sectoral Antena biasanya digunakan di Access Point (AP).Jenis ini mempunyai gain lebih besar daripada omnidirectional antenna, tapi area cakupannya lebih kecil dari omnidirectional antenna.

  • Directional Antenna biasanya digunakan untuk client. Mempunyai gain yang besar. Ada banyak macam type antena ini diantaranya adalah :
    • Yagi

    • Flat Panel
    • Parabola

    • Tincan antenna.



Sekarang saya akan menulis tentang bagaimana cara membuat antena WiFi yang bisa kita pakai dirumah (client). Disini kita akan bahas tentang cara pembuatan Tincan antena dimana pembuatannya bisa dibilang mudah dan biayanya juga paling murah. Tincan = kaleng , kita bisa manfaatkan kaleng bekas jadi alat utamanya.


Cara membuat antena :


Ukuran dari tincan antena adalah seperti gambar disamping. Pada contoh ini diameter dari kaleng adalah 9 cm, dengan lebar 21.5cm


Buat sebuah lubang untuk omnidirectional antenna yang berukuran 2.6 cm panjangnya pada jarak 4.5 cm dari bagian bawah kaleng tersebut.


Omnidirectional antenna dibuat dengan cara menyolder 2.6 cm stick besi pada male konektor jenis N (N-type).


Bisa juga dengan menambah sebuah mur pada stick besi agar panjang omnidirectional bisa disetting untuk mendapatkan panjang yang paling cocok untuk antena tersebut.


Bagaimana cara membuat tincan antena dengan kaleng yang berukuran beda dengan contoh diatas ?


Sebelum memutuskan untuk menggunakan ukuran kaleng yang berbeda, maka kita harus mencari kemungkinan kaleng itu bisa dipakai atau tidak. Kalkulasinya ada di alamat http://www.turnpoint.net/wireless/cantennahowto.html


Jika hasil kalkulasi lebih mendekati 2.4 GHz , berarti kalengnya lebih baik.


No comments:

Post a Comment